Friday 6 November 2015

TIPS 4: MEMBUAT CERITA SEDIH DAN MEMBUAT PEMBACA TERSENTUH

Halo, loha, halo! Hihihi.. selamat siang teman-teman! Sudah pada pulang sekolah belum, ya? grin emoticon Ah, masa bodo, yang jelas, sekarang aku mau share‪#‎TipsMenulisNunudanCecep‬ soal cara membuat pembaca tersentuh dengan tulisan kita. Cekidot...
Ada empat tips, nih:
1. TULIS CERITA SEDIH YANG PERNAH KAMU ALAMI
Tulis cerita yang berdasarkan pengalaman sedih yang pernah kamu alami. Pengalaman/kejadian/tragedi yang bikin kamu nangis tersedu-sedu. Saat kamu menulis sesuatu yang pernah kamu tangisi, kamu akan menjiwai tulisan itu (asal kamu bukan anak alay yang dikit-dikit nangis, kancing baju gak bisa dibuka, nangis, bulu kucing copot satu, nangis, jangan, yah? Hihi..). Emosimu akan meluap, sehingga bisa-bisa, kamu betul-betul menangis saat kamu menulis.
2. BUAT TULISANMU SEDRAMATIS MUNGKIN
Jangan mentang-mentang kamu gak alay, kamu gak bisa sok-sok alay. Berilah bumbu-bumbu alay, lebay, dalam tulisanmu hingga terkesan sangat dramatis, tapi jangan terlalu lebay juga.
3. TULIS SESUATU YANG BISA MEMBUATMU SEDIH
Jangan cuma menantang pembaca untuk menangis dan/atau terhanyut dalam ceritamu, tantang dirimu juga. Karena kuncinya: kalau kamu takut, kemungkinan besar pembaca akan takut, kalau kamu sedihpun begitu.
4. BACA TULISAN SEDIH
Ini juga bisa membantumu mencari referensi, bagaimana, sih, supaya bisa buat pembaca terhanyut dalam cerita. Banyak buku-buku yang bisa membuat pembaca menangis dan kamu bisa contoh itu. Misalnya buku Surat Kecil untuk Tuhan, aku sendiri sedih bacanya, hihihi.. kamu juga bisa mencermati penyampaian dalam buku yang bikin kamu nangis saat membacanya.
Nah, mungkin itu saja, ya, teman-teman. Semoga bermanfaat! grin emoticon

No comments:

Post a Comment