Thursday 12 November 2015

TIPS 6: APA YANG HARUS DISIAPKAN SEBELUM MULAI MENULIS NASKAH?

Lagi mau mulai nulis naskah, nih? Pastikan kamu sudah menyiapkan hal-hal dibawah ini sebelum sentuh keyboardmu! Cekidot!

SINOPSIS

Pasti udah gak asing, kan, dengan kata ini? Tapi banyak yg salah arti, nih, dikiranya sinopsis itu yang ada di belakang buku, padahal sinopsis itu rangkuman ceritamu, dari awal sampai akhir dan gak gantung. Gak gantung berarti tidak seperti ada kayak gini di akhir: '...hm, kira-kira, bagaimana akhir petualangan Nunu dan Cecep, ya?', intinya, pastikan gak ada pertanyaan yang tidak terjawab alias gantung di sinopsis ceritamu.
Kenapa sinopsis harus disediakan dr awal? Mungkin kadang beberapa penulis tidak menyiapkan sinopsis dari awal, tapi asal kamu tahu, sinopsis bisa jadi guidemu dalam menulis, jadi saat menulis, kamu gak akan keluar dari tema dan gak akan keluar dari konflik, dsb, karena sudah ditentukan dari awal dalam sinopsis.

PREMIS

Apa, sih, premis itu? Premis adalah landasan atau dasar pemikiran. Pikirkan dasar dari ceritamu, seperti halnya Indonesia, dasarnya adalah Pancasila, jd semuanya berangkat dari situ. Dan pastikan kamu CATAT premisnya. Dari premis ini, kamu kembangkan menjadi outline alias garis besar dari ceritamu, lalu outline dari setiap bab, biar nanti gak bingung di bab pertama mau diisi apa, bab kedua gimana, dsb, lebih detail lebih baik.


CATATAN

Tulis mulai dari sinopsis, premis dan outline. Pastikan catatanmu selalu ada disampingmu ketika kamu menulis, kalau catatanmu ada di rak buku tinggi dan laptopmu ada di bawah, kan, repot.


PIKIRKAN SINOPSIS, PREMIS DAN OUTLINE DENGAN BAIK

JANGAN TERBURU-BURU! Pikirkan dulu matang-matang, baca lagi minimal tiga kali sebelum memulai, supaya gak gonta-ganti di tengah-tengah, supaya gak bingung dan berhenti karena idemu kurang matang.

REFERENSI

Jika kamu ingin menulis sebuah cerita yang berkaitan dengan sesuatu seperti cerita liburan ke Jepang, kamu harus cari referensi dan memahami sepenuhnya bagaimana liburan di Jepang, bagaimana masakan disana, dsb, sehingga tulisanmu jadi bagus, sesuai dan gak malu-maluin. Selain itu, misalnya kamu mau menulis ttg anak yg sakit leukimia, kamu juga harus mempelajari penyebab2nya dan kalau perlu (sangat perlu) dicatat, paling tidak poin-poinnya.

Nah, itu dia, Teman-Teman! Ada lima hal, nih, yang harus kamu persiapkan sebelum mulai menulis naskah. Kalau sudah siap dan matang semuanya, baru kamu boleh sentuh keyboardmu dan menulis dengan senang! 

Salam,
Nunu

No comments:

Post a Comment