Saturday 5 December 2015

#WawancaraBareng Indzana Zulfa: Menulis Untuk Senang-senang!

Ohayou! Apa kabar, nih? :D

Selain mewawancarai Kak Akbar Suganda, Nunu dan Cecep juga mewawancarai penulis-penulis keren lainnya, nih. Salah satunya adalah Indzana Zulfa. Yuk, simak wawancara kami!

Apa kabar, Kak Indzana? Lagi sibuk apa, nih?

Halo, Kak Nunu dan Cecep. Alhamdulillah, kabarku baik. Sekarang aku lagi sibuk nulis naskah horror sama ikut kegiatan sekolah yang main padat aja sih, hehe.

Awal mula perjalanan Kakak jadi penulis itu gimana, sih?

Jadi gini, waktu kelas 4 SD, aku pergi ke bazar buku. Dari situlah aku mulai mengenal seri KKPK. Aku suka banget sama ceritanya. Seru abis! Eh enggak tahunya yang nulis anak-anak seumuran aku. Aku mendapat motivasi setelah membaca buku KKPK. Kalo dia aja bisa bikin cerita, kenapa aku nggak?

Aku mulai nulis di buku tulis karena saat itu aku belum punya komputer apa lagi laptop. Duh, kalo inget tulisanku dulu malu-maluin deh! Tulisan kayak ceker ayam, nggak pake paragraf, tanda baca juga salah. Setelah punya laptop, baru deh aku nggetik cerita di Microsoft word. Tapi, aku belom berani ngirim karena menyadari masih banyak kekurangan pada naskahku.

Barulah saat kelas 6, terdesak oleh keinginan yang makin menggebu, aku kirim naskah ke Dar MIzan dan alhamdulillah di-ACC. Sejak saat itu aku enggak ragu lagi untuk kirim naskah sebanyak-banyaknya ke berbagai penerbit, walaupun nggak jarang ditolak.

Lalu, bagaimana proses kreatif dan motivasi Kakak dalam menulis?

Aku nulis dalam keheningan karena suara sepelan apapun bakal mengganggu konsentarsiku. Aku paling suka nulis pas hujan turun. Entah kenapa, mungkin karena suasana hujan selalu berbau puitis dan membawa perasaan damai, aku jadi lebih rileks saat nulis. Aku nggak pernah ngoyo saat nulis. Kalau emang udah capek dan ngantuk, yaudah dilanjutin besok. Soalnya, buatku nulis itu untuk seneng-seneng, bukan karena paksaan. Biasanya, aku nulis sambil diselingi dengerin musik, nyemil, main game, atau baca buku karena dengan begitu aku bisa dapet ide baru.

Kakak pasti sibuk banget, kan? Gimana cara Kakak manage waktu?

Kadang aku pusing sendiri mikirin tugas-tugas sekolah yang menggunung dan kegiatan yang membeludak sehingga naskah bisa berbulan-bulan terbengkalai nggak ada ujungnya. Tapi, aku selalu memanfaatkan waktu luang. Biasanya, aku nulis naskah malam hari setelah belajar sambil makan cemilan biar santai dan asyik.

Terus, waktu luang paling banyak itu ya hari Minggu. Jadi, pagi-pagi aku udah ngetik cerita sampai capek. Intinya, di sela kesibukan manfaatkan waktu luang sebaik mungkin karena a time is usual.

Bisa kasih saran buat mereka yang naskahnya gak selesai-selesai, gak, Kak? Soalnya banyak, tuh, teman-teman yang masih pada ngeluh soalnya naskahnya gak selesai-selesai.

Aku juga sering mengalami hal ini. Alasannya males, nggak ada waktu, dan ide lagi mampet. Saranku buatlah target. Misalnya, naskah ini harus selesai selama 3 bulan. Kita bisa mencatat perkembangan naskah kita, setiap harinya sudah sampai halaman dan bab berapa.

Bayangkan kalau naskah ini suruhan dari editor dan kalo nggak kirim naskah tepat waktu kita bisa kehilangan tawaran emas yang belum tentu orang lain dapatkan. Lalu, buat jadwal khusus untuk menulis. Hari apa, jam berapa, kayak gitu deh. Kalo ide lagi mampet, banyak baca buku aja.

Kalau macet di tengah jalan alias mandeg, apa yang biasanya Kakak lakukan?

Banyak main sosmed. Karena dari sosmed-lah aku bisa menemukan berbagai macam problem kehidupan. Khussunya buat beberapa orang yang suka curcol di facebook, hehe. Aku bisa menemukan banyak tipe orang di sosmed. Ada yang humoris, galau-an, sampai orang yang hal kecil saja ditulis di sosmed. Karakter dan cerita kehidupan yang mereka umbar bisa dikembangkan menjadi cerita yang lebih unik dan menarik sehingga naskahku gak mandeg lagi deh.

Ada dampak/pengaruh tersendiri, gak, yang ingin Kakak berikan pada pembaca buku Kakak?

Sejak kecil, aku selalu ingin menjadi motivator ala Om Mario Teguh gitu hehe. Jadi, aku harap setelah teman-teman membaca bukuku, mereka jadi ikut termotivasi untuk nulis juga :).

Menurut Kakak, kenapa kita harus menulis?

Karena walaupun hidup kita tidak abadi, setidaknya dengan menulis tulisan kia akan abadi. Selain itu, dengan menulis kia bisa mencurahkan s egala perasaan yang sulit terucap. Percaya deh, menulis itu menciptakan euforia bahagia tersendiri di hati kita.

Siapa aja, sih, penulis yang Kakak suka dan apa alasannya? Lalu, ada gak, sih, sosok yang menginspirasi Kakak untuk menulis?

  1. Raditya Dika
    Aku kagum sama sosoknya yang bisa dikata multitalent. Penulis, actor, sutradara sekaligus comedian. Yang hebatnya lagi, dia bisa menggabungkan semua keahliannya dalam sebuah film. Contohnya saja, film Marmut merah Jjambu. Dia yang nulis buku dan skenarionya, dia yang jadi sutradara, actor dan berkomedi di film tersebut.
  2. Tere-Liye
    Aku suka Tere-Liye karena bukunya berbobot. Gaya bahasanya puitis dan setiap ceritanya mengandung makna yang dalam. Aku banyak belajar menggunakan kiasan, ungkapan, dan kosa kata baru dari novel beliau. Sangat kurekomendasikan buat kalian yang ingin belajar membuat kalimat puitis.
  3. Sherina Salsabila
    Wah, kayaknya semua udah pada kenal penulis yang akrab dipanggil Kak Sher ini. AKu suka Kak Sher karena ide-idenya unik. Selain itu dia berpikir secara kritis, dewasa banget. Itu terlihat dari status-status yang sering Ia tulis di facebook. Kak Sher juga ramah dan baik banget. Dia salah satu role model dan inspirasiku.
Last, adakah harapan Kakak untuk dunia literasi Indonesia?

Semoga makin banyak yang mencintai buku, makin banyak wadah yang tercipta untuk mengapresiasikan tulisan anak bangsa, dan makin banyak orang yang bahagia karena membaca sekaligus menulis. Aku berharap dunia literasi di Indonesia lebih diperhatikan dan bisa semakin maju kedepannya.

Nah, ini juga ada biodata Kak Zana, loh. Check this out!

Nama                 : Indzana Zulfa
TTL                   : Kudus, 22 Juni 2002
Sekolah/kelas    : SMP 1 Kudus / 8
Alamat sosmed  : Twitter: @indzana_zulfa
                             Facebook: Indzana Zulfa
                             Ask Fm/Instagram: @Indzanazulfa
                             Blog: Indzanazulfa.blogspot.com
Motto hidup/motto menulis: Write or die.
Daftar karya yang sudah terbit: 1. Spooky Stories; Hell City (Noura Books)
                                                   2. Holidaylicious: Goedendag, Belanda! (Noura Books)
                                                   3. KKPK: Writer Wannabe (Dar Mizan)

Ini dia penulis keren ini:
Wuihi... unyu, ya? Udah unyu, penulis lagi! :D
Nah, itu dia #WawancaraBareng Indzana Zulfa. Semoga bermanfaat, ya! :D

No comments:

Post a Comment