Saturday 12 December 2015

TIPS 8: MENENTUKAN JUDUL

Judul adalah salah satu hal terpenting dari naskahmu. Judul yang tepat dan menarik pasti akan mengundang minat banyak pembaca. Tapi sebaliknya, judul yang kurang tepat dan tidak menarik tidak akan mengundang minat pembaca. Ada dua tipe penulis, ada yang menentukan judul di awal, dan ada yang menentukan di akhir. Saranku, sih, kamu boleh menentukan judul di awal, tapi baca lagi naskahmu sebelum dikirim, pantaskah judul itu menjadi judul naskahmu? Menentukan judul di akhir lebih enak, nih, Teman-Teman. Kamu enggak perlu menentukan dua kali, dan pada saat naskahmu sudah selesai, kamu tahu alur, garis besar dan segala macamnya. 

Nah, jadi, gimana, ya, cara mencari judul yang tepat? 

1. GUNAKAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK DALAM CERITA SEBAGAI JUDUL
Kamu bisa menggunakan tempat yang dominan ada dalam cerita, bisa juga menggunakan nama tokoh atau posisinya dalam cerita, seperti 'Ayah', ini bukan nama orang, kan? Ini posisinya sebagai kepala keluarga yang dipanggil 'Ayah'. Lalu kamu bisa juga menggunakan konflik/masalah yang dihadapi tokoh, tapi enggak ditunjukkan begitu jelas, seperti: Ayah, Mengapa Aku Berbeda?. Nah, dari situ, orang akan bertanya, kenapa dia berbeda? Apa perbedaannya dengan orang-orang lain?

Selain itu, kamu bisa menggunakan judul yang mewakili diri sang tokoh, seperti Nenek Gaul Super Kepo. 

2. TEMUKAN KATA/KALIMAT YANG SERING DIGUNAKAN
Kamu bisa menggunakan judul yang diambil dari kata yang sering dipakai dalam cerita seperti kalimat yang sering diucapkan tokoh, hal yang melekat pada diri tokoh, hal yang menonjol dari tokoh dan apa yang tokoh sukai. 

3. TEMUKAN SINONIM TEMA CERITAMU
Misalnya, temanya adalah persahabatan, kamu bisa menggunakan sinonim dari kata 'persahabatan'. Atau bisa menggunakan bahasa-bahasa asing yang jarang digunakan.

4. GUNAKAN JUDUL YANG MUDAH DIINGAT DAN ENGGAK RIBET
Kalau di Indonesia, judul yang mudah diingat itu judul dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Jadi, bukannya enggak boleh menggunakan bahasa lain, saranku, sih, kalau memang mau pakai bahasa Italia, Jepang dan lainnya, buat judulnya enggak ribet dibaca, mudah diingat dan enggak terlalu panjang.

5. TEMUKAN HAL MENARIK DALAM CERITA
Baca ulang tulisanmu, temukan hal menarik yang menjadi garis besar dalam cerita. Sekalipun hal-hal kecil, kalau menarik dan merupakan garis besar dalam cerita, boleh-boleh aja.

6. CARI INSPIRASI
Bisa dengan membaca buku-buku yang satu genre dengan naskahmu atau mencari inspirasi layaknya mencari inspirasi saat writer's block dan mencari ide.

Oke, itu tadi 6 cara menentukan judul yang tepat. Semoga membantu! :)

1 comment: