Sunday 27 December 2015

#WawancaraBareng Fayanna Ailisha Davianny: Menulis Sejak Kelas 2 SD!

Wuih... baca judulnya aja udah 'wah' ya? Kecil-kecil, udah mulai nulis. Ckckck... keren banget! Eits... tapi, kira-kira, apa, ya, yang mengantarkan Fayanna jadi penulis sejak kelas 2 SD. Penasaran? Cekidooot...

Beberapa waktu lalu, Nunu dan Cecep berhasil mewawancarai Si Cantik berusia 10 tahun ini. Dan Fayanna mengaku bahwa karir menulisnya dimulai saat dia kelas 2 SD! Saat itu, ada lomba menulis KKPK Juice Me yang diadakan oleh DAR Mizan. Karya-karya pemenang akan dibukukan. Akhirnya, Fayanna coba ikutan dan jadi juara 2. Hebat, kan? Hebat banget! Akhirnya, karyanya dibukukan dalam KKPK Juice Me: Tersandung Hobiku. Fayanna juga penulis paling kecil di buku itu.

Selain itu, Fayanna mengaku suka menulis karena menulis itu menyenangkan. Ide bisa dia dapatkan kapan dan di mana saja. Misalnya, sedang pergi ke suatu tempat, Faya sering dapat inspirasi untuk membuat tulisan. Biasanya, Faya catat di HP. Dilanjutkan dengan membuat plot atau outlinenya dulu sebelum menulis. Jika sudah selesai buat outline, baru, deh, proses menulis naskah dimulai. Jika sudah mulai menulis, Faya juga biasa menetapkan target sama dirinya sendiri, loh! Target seperti kapan naskahnya harus selesai. Jadi, enggak molor atau terbengkalai.

Dengan biasa membuat outline dan buat target, Faya bisa menghindari bingung di tengah jalan dan cerita yang dibuat juga bisa terarah dan teratur. Tak hanya itu, Fayanna juga sudah menetapkan jadwal kapan harus menulis, yakni saat weekend, waktu libur atau setelah belajar.

Oh, ya, penulis KKPK Ice Skating Girl ini punya cara sendiri kalau moodnya enggak asik di tengah jalan, jadi mandeg. Biasanya, Fayanna refreshing dulu, seperti makan camilan, baca buku, nonton TV atau jalan-jalan. Faya yakin, enggak lama setelah itu, moodnya pasti balik lagi.

Dengan buku yang sudah belasan itu, Fayanna mengaku kalau pembaca bukunya senang atas ceritanya, dia akan ikut senang. Dalam setiap cerita yang Faya buat, pasti Faya selipkan suatu pesan moral yang mungkin bisa berguna bagi orang yang membacanya. Faya juga berharap teman-teman pembaca bukunya bisa terinspirasi dan senang terpadap cerita yang ia tulis.

Bagi gadis kelahiran Jakarta yang suka Enid Blyton ini, menulis itu melatih kita untuk mengeluarkan isi pikiran, melatih kita untuk berpendapat dan melatih kita untuk bisa menyampaikan sesuatu secara runtun dan sistematis. Kemampuan tersebut sangat dibutuhkan oleh apapun profesi kelak di kemudian hari. Jadi, harus banyak latihan.

Nah, itu dia hasil wawancara Nunu dan Cecep bareng Fayanna Ailisha Davianny. Berikut profil Fayanna kami sajikan untuk kamu:

Nama Lengkap: Fayanna Ailisha Davianny
TTL: Jakarta, 6 Maret 2005
Sekolah/kelas: SD Nasional Plus Tunas Global/kelas 5
Alamat Sosmed: FB/Twitter: Fayanna Ailisha Davianny/@fayannaAD
Karya yang sudah terbit:
1. KKPK Juice Me Tersandung Hobiku
2. Komik KKPK Misteri Taman Lama
3. KKPK Spesial CHC - Malaikat Penjaga Rel
4. KKPK Juice Me Kakek Misterius
5. KKPK Luks Sejuta Bibit Impian
6. KKJD Teka Teki Rubi Merah
7. Komik KKPK Mia The Ghost Hunter - Journey to Louisiana
8. Novel Roro Penjaga Laut - Ramuan Rahasia
9. KKPK Gadis Kecil di Ujung Pulau
10. Kumpulan Cerita Seram
11. Princess Academy Mix Edition - Kleptomania
12. Novel Roro Penjaga Laut - Mercusuar Tua
13. Komik KKPK Unforgettable Behel
14. KKPK Ice Skating Girl
15. KKPK Juice Me Misteri Bunyi Angklung
16. Ghost School Days Mix Edition - Teman Misterius
17. KKPK Travela Hiking to Waterfall
18. KKPK Fun Cican Musim Hujan yang Hangat 

Nah, ini dia, nih, Fayyana yang keren:
Wah, pialanya banyak, ya? Hihihi...
Oke, deh! Sekian dulu, ya, Teman-Teman. Sampai jumpa di wawancara berikutnya! Hm.. kira-kira siapa, ya, penulis keren yang akan diwawancarai kami selanjutnya? Hihihi... ditunggu, ya! :D

5 comments: